Siapa sih yang tidak tahu Menara Pisa? Menara yang merupakan salah satu keajaiban dunia ini terletak di kota Pisa, Italia. Menara Pisa merupakan bangunan ketiga dari Campo dei Miracoli (Lapangan Pelangi) di Kota Pisa yang merupakan lonceng bagi kathedral.

 

 

Keunikan dari menara ini adalah bangunannya yang berdiri miring ke arah tenggara, tidak seperti menara yang berdiri tegak pada umumnya.

 

Nah, mengapa Menara Pisa berdiri miring seperti itu? Begini penjelasannya.

 

 

Menara Pisa dibangun selama hampir 200 Tahun, dimulai pada 9 Agustus 1173 dan berakhir pada 1350. Kemiringan Menara Pisa mulai tampak pada saat pembangunan lantai ketiga di tahun 1178. Hal ini dikarenakan pondasi dari Menara Pisa yang tidak seimbang hingga 3 meter diantaranya karena bahan dasar pembuat menara yang memiliki bobot yang berat dan struktur lapisan tanah lokasi pembangunan yang tidak seimbang.

 

Selama 200 tahun masa pembangunan Menara Pisa dilakukan dengan 3 tahap pembangunan, Tahap pertama bisa berhasil sampai 3 tingkat tapi pembangunan saat tahun ke-5 terpaksa di hentikan di karenakan bangunan menara sudah terlihat mulai miring. Akhirnya pembangunan Menara Pisa benar – benar off selama 100 tahun.

 

Sekitar tahun 1272, ketinggian menara ini di tambah lagi hingga menjadi 4 lantai. Pada pembangunan ke-4 ini di lakukan dengan berlawanan arah dengan harapan agar menara bisa kembali tegak lagi seperti sediakala, namun sayang pembangunan harus di hentikan lagi. Hingga 80 tahun kemudian yaitu pada tahun 1360 pembangunan kembali di lanjutkan dan pada pembangunan tahap akhirnya di bangunlah sebuah ruangan lonceng yang berada di puncak Menara Pisa. Karena kondisi tanahnya yang tidak stabil dan lunak ini jadi usaha apa pun yang di lakukan Menara Pisa akan tetap miring.

 

 

Namun sampai saat ini penelitian mengenai kemiringan Menara Pisa masih di lakukan dan berbagai perbaikan Menara Pisa pun selalu di lakukan, seperti misalnya mengganti penopang Menara Pisa yang sebelumnya menggunakan batu konglomerat berumur 150 dengan balok serta beton yang di tahan menggunakan kabel baja. Lalu sekitar pada tahun 1999 di lakukan perbaikan final untuk menstabilkan bangunan menara tersebut dengan melakukan penggalian serta pemindahan tanah di bawah fondasi Menara Pisa dengan harapan untuk memaksa menara menjadi lebih rendah sehingga akan mengurangi kemiringannya.

 

Sejak kemiringan itu, tinggi Menara Pisa menjadi berbeda yaitu 55,86 m dari permukaan tanah terendah dan 56,70 m dari permukaan tanah tertinggi.

 

 

Nah, menurut para ahli, posisi kemiringan Menara Pisa ini akan terus menerus bertambah sepanjang tahunnya dan diduga akan bertahan hingga 300 tahun lagi.

 

Hmmm bener nggak ya, menara pisa miring ini akan tetap ada untuk 300 tahun kedepan?

 

 

Written by : Sarah Diva

Paket Promo

Periode Promo :
16 January 2020 - 20 February 2020

Tour 3 negara Singapore – Malaysia – Thailand

Singapore - Malaysia - Thailand

Rp. 8,500,000

Rp. 7,500,000

Jadwal Keberangkatan : 13 January 2020

Periode Promo :
20 December 2019 - 31 January 2020

Promo Cherry Blossom Korea Selatan

Korea Selatan

Rp. 13,500,000

Rp. 11,500,000

Jadwal Keberangkatan : 26 April 2020

Artikel Lainnya

Sulit dipercaya! 5 fakta aneh dan unik di india.

India merupakan satu di antara negara yang menarik di dunia. Banyak orang mengenal India karena f...

Hal menarik tentang Universal Studio Singapore yang jar...

Universal Studios Singapore (USS) menjadi salah satu lokasi yang wajib banget dikunjungi saat ke ...

7 Makanan aneh dan unik di Thailand, No 5 ngeri banget!

Bicara soal kuliner yang aneh dan ekstrim, di berbagai belahan dunia juga terdapat kuliner yang t...

Terbukti! Traveling ternyata punya segudang manfaat bag...

Traveling merupakan salah satu kegiatan yang dinilai mampu memberikan efek relaksasi yang menyega...

Hal Unik Yang Hanya Ada Di Korea Selatan. Bikin Heran

Setiap negara pasti memiliki keunikannya masing-masing yang tidak dimiliki oleh negara lain. term...

India gate, bangunan yang disebut meniru Arc de Triomph...

Bila sedang mengunjungi kota new delhi, india. Kurang lengkap bila tidak mengunjungi gerbang indi...