Ganasnya wabah virus corona yang meresahkan banyak orang diseluruh dunia, memanglah sedang menjadi pusat perhatian di seluruh dunia.

 

 

Dikutip dari alodokter.com, Virus 2019 Novel Coronavirus (2019-nCoV) yang lebih dikenal dengan nama virus Corona adalah jenis baru dari coronavirus yang menular ke manusia. Virus ini pertama kali ditemukan di kota Wuhan, Cina, pada akhir Desember 2019.

 

Virus corona ini juga merupakan kumpulan virus yang bisa menginfeksi sistem pernapasan. Pada banyak kasus, virus ini hanya menyebabkan infeksi pernapasan ringan, seperti flu. Namun, virus ini juga bisa menyebabkan infeksi pernapasan berat, seperti pneumonia.

 

Namun, harapan baru akhirnya muncul. Otoritas kesehatan China melaporkan jumlah kasus infeksi COVID-19 mengalami penurunan. Penelitian yang dilakukan oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit di China, mengatakan penurunan ini terjadi sejak awal Februari.

 

 

Dikutip dari Sky News, penelitian ini menunjukkan lebih dari 80 persen 45.000 kasus yang telah terkonfirmasi COVID-19, hanya sekitar 14 persen yang memiliki gejala parah seperti pneumonia dan 5 persen lagi kritis.

 

Hubei melaporkan 1.693 kasus baru COVID-19, pada hari Selasa (18/2/2020). Jumlah ini mengalami penurunan dari 1.807 kasus pada hari sebelumnya, seperti dikutip dari Reuters.

 

Walau sangat menimbulkan ketakutan dan kekhawatiran, dokter spesialis paru menyatakan bahwa infeksi novel coronavirus atau virus corona memiliki tingkat kematian yang rendah. Dijelaskan bahwa penyakit ini sebenarnya bisa disembuhkan.

 

 

Dikutip dari beberapa sumber, Dikatakan bahwa, Dokter spesialis paru dari Rumah Sakit Umum Pusat Persahabatan Diah Handayani yang tergabung dalam Perhimpunan Dokter Paru Indonesia mengatakan bahwa semua virus corona, termasuk virus corona 2019-nCoV, dapat disembuhkan.

 

“Bisa disembuhkan, terbukti yang sakit sudah ribuan, tapi yang meninggal kan sedikit. Jadi. dia tetap sebuah virus yang bisa disembuhkan,” katanya sebagaimana dikutip dari BBC News Indonesia, Minggu (26/1/2020).

 

Jadi, kata Diah, proses pengobatan yang dilakukan adalah terapi pendukung dengan cara meningkatkan daya tahan tubuh.

 

“Boleh mengkonsumsi obat flu biasa kalau masih ringan, kalau demam diberi obat penurun panas demam,” katanya.

 

Diah menegaskan, beberapa korban meninggal, umumnya tidak hanya semata disebabkan oleh 2019-nCoV, namun juga dipengaruhi oleh faktor kerentanan, seperti usia yang sudah tua sehingga daya tahan tubuh lemah dan juga penyakit lain yang sudah ada.

 

Diah menjelaskan terdapat beberapa cara untuk mencegah tertular virus corona. Diawali dengan menjalani pola hidup yang sehat dengan cara memberikan asupan makan yang sehat dan sempurna.

 

Lalu, katanya, istirahat cukup dan menghimbau perokok untuk berhenti merokok. Kemudian, lanjut Diah, adalah selalu cuci tangan usai ke tempat umum atau menyentuh alat-alat publik.

 

“Lalu, bagi yang sakit flu dan batuk, tanamkan etika batuk. Jadi, ketika batuk ditutup dengan tisu. Lalu jangan meludah sembarangan, buang dahak sembarangan. Itu tips kita,” katanya.

 

 

Beberapa negara selain Cina seperti Thailand, Singapore, Malaysia, Vietnam, Jepang, Korea Selatan, dan yang lainnya, rendah dalam kasus penularan virus corona ini. Dan juga, tidak ada larangan untuk berkunjung ke negara-negara tersebut. Jadi, masih aman untuk mengunjungi beberapa negara selain Cina dan tidak perlu khawatir untuk tertular virus corona.

 

Sebenarnya, selain virus corona, masih banyak virus-virus lainnya yang bisa menginfeksi manusia. Namun, itu tergantung dari kekebalan daya tahan tubuh kita sendiri. Pola hidup sehat adalah jalan satu-satunya kita sebagai manusia agar terhindar dari segala virus dan penyakit.

Paket Promo

Periode Promo :
4 December 2019 - 31 December 2020

Tirta yatra selama 7 hari di India

India

Rp. 20,000,000

Rp. 16,500,000

Jadwal Keberangkatan : 17 April 2020

Periode Promo :
4 December 2019 - 31 December 2020

Explore Thailand! Bangkok – Pattaya

Thailand

Rp. 5,500,000

Rp. 4,900,000

Artikel Lainnya

Bikin gagal paham! Profesi unik yang hanya ada di Thail...

Thailand atau yang biasa dijuluki sebagai negeri gajah putih memang lengket akan keunikan dan kea...

Keren banget! Tempat wisata ala Eropa di Thailand

Untuk sebagian orang, jalan-jalan ke Thailand mungkin bukan lagi hal yang baru. Negeri Gajah Puti...

Sulit dipercaya! 5 fakta aneh dan unik di india.

India merupakan satu di antara negara yang menarik di dunia. Banyak orang mengenal India karena f...

Hal menarik tentang Universal Studio Singapore yang jar...

Universal Studios Singapore (USS) menjadi salah satu lokasi yang wajib banget dikunjungi saat ke ...

7 Makanan aneh dan unik di Thailand, No 5 ngeri banget!

Bicara soal kuliner yang aneh dan ekstrim, di berbagai belahan dunia juga terdapat kuliner yang t...

Bener gak sih, menara pisa di italia memang sengaja dib...

Siapa sih yang tidak tahu Menara Pisa? Menara yang merupakan salah satu keajaiban dunia ini terle...