Traveling merupakan salah satu kegiatan yang dinilai mampu memberikan efek relaksasi yang menyegarkan. Oleh karena itu, tak heran jika banyak orang yang berlomba-lomba untuk sesegera mungkin melakukan perjalanan dan mendapatkan kesenangan.

 

 

Tapi Tahukah kamu? bahwa traveling selain menjadi hal yang menyenangkan juga bisa memberikan efek positif lainnya dalam hal kesehatan.

 

Seperti yang dikutip pada jurnal yang ditulis oleh Roger Dow, seorang presiden dan CEO dari asosiasi travel Amerika Serikat, yang berjudul “Travel Effect: A Call to Lead, a Means to Do So

 

Ada beberapa hal yang menjadikan bahwa traveling itu perlu dan mempunyai banyak manfaat terutama dalam bidang kesehatan. Berikut penjelasannya

 

Meredakan stres

 

 

Selain di dalam jurnal “Travel Effect: A Call to Lead, a Means to Do So” tesebut, pada berbagai penelitian selama 30 tahun terakhir menunjukkan hasil yang konsisten bahwa seseorang akan merasa dirinya lebih baik dan lebih bisa mengatasi stress setelah melakukan traveling.

 

Contoh pada penelitian tahun 2011 terhadap 3.500 traveler menunjukkan adanya manfaat yang sangat besar yang dirasakan oleh mereka yaitu menjadi lebih bahagia dengan seringnya melakukan traveling.

 

Udara yang segar, pepohonan yang rindang, gemericik air, ombak pantai, sunshine/sunset dan semua suasana baru yang kita jumpai ketika traveling tidak menutup kemungkinan bisa memberi kepuasan dan ketenangan tersendiri. Adanya udara segar dapat menyuplai oksigen baru dalam diri kita. Selain itu pemandangan – pemandangan yang indah juga bisa sebagai moodbooster yang dapat membangkitkan gairah hidup lebih semangat lagi

 

Menurunkan risiko terserang penyakit

 

 

Roger Dow menulis, selain stress, ternyata traveling juga mampu mengurangi resiko serangan penyakit seperti jantung dan stroke. Pada penelitian yang dilakukan terhadap lebih dari 12.000 laki – laki yang mempunyai resiko tinggi terhadap penyakit jantung, ditemukan bahwa orang yang melakukan lebih banyak traveling mempunyai resiko penyakit jantung dan stroke yang rendah. Selain itu, dalam jurnal “Travel Effect: A Call to Lead, a Means to Do So” tersebut juga disebutkan bahwa traveling dapat mengurangi risiko jantung koroner.

 

Membangun dan mempererat ikatan persaudaraan

 

 

Selain manfaat untuk kesehatan, traveling juga berguna untuk meningkatkan hubungan sosial terhadap sesama, terutama dengan keluarga.

 

Dalam jurnal “Travel Effect: A Call to Lead, a Means to Do So”, Roger Dow menyebutkan bahwa traveling bersama keluarga dapat meningkatkan hubungan kekeluargaan, mengembangkan komunikasi kekeluargaan dan meningkatkan kekompakan dalam keluarga.

 

Pada umumnya banyak orang yang enggan ketika harus traveling bersama keluarga, terlebih lagi pada anak remaja. Padahal berdasarkan penelitian, didapatkan bahwa lebih dari setengah remaja yang masuk dalam survey merasa adanya kekuatan dan kedekatan yang terbangun dalam keluarga setelah melakukan traveling dengan keluarga.

 

Selain itu, 93% remaja mendeskripsikan perjalanan bersama keluarga merupakan kesempatan untuk quality time dengan orang tua mereka.

 

Menambah wawasan baru

 

 

Traveling bisa juga dapat digunakan sebagai alat untuk menambah wawasan baru tentang ilmu pengetahuan. Ketika kita mengunjungi suatu tempat yang baru, pasti akan ada hal baru yang kita jumpai, seperti kebudayaan, suku, geografi dan lain sebagainya. Dari situ, secara tidak langsung kita bisa mengenali budaya dan kebiasaan yang berkembang di suatu tempat yang baru kita kunjungi tersebut.

 

Membangun jiwa kemimpinan dalam diri

 

 

Menurut Roger Dow, travel dan leadership adalah sesuatu yang saling melengkapi. Pada dasarnya, traveling mempunyai peranan yang signifikan sebagai upaya agar diri kita tetap sehat, baik secara fisik, mental maupun emosional.

 

Menurut Rroger Dow, beberapa hal inilah yang bisa membawa diri kita aktif membangun dunia ini menjadi lebih baik.

 

 

 

Wow, ternyata traveling itu nggak hanya sekedar memberikan kesenangan dan kepuasan pada diri sendiri, tapi juga untuk kesehatan tubuh kita. Karena menurut para ahli, jika kita sedang merasa stress, daya tahan tubuh kita pun ikut menurun.

 

jadi, traveling sangat berguna untuk menyeimbangkan kondisi tubuh dan pikiran kita.

 

 

 

written by : Sarah Diva

 

 

 

 

 

.

 

Paket Promo

Periode Promo :
4 December 2019 - 31 December 2020

Tirta yatra selama 7 hari di India

India

Rp. 20,000,000

Rp. 16,500,000

Jadwal Keberangkatan : 17 April 2020

Periode Promo :
4 December 2019 - 31 December 2020

Explore Thailand! Bangkok – Pattaya

Thailand

Rp. 5,500,000

Rp. 4,900,000

Artikel Lainnya

Misteri terkuak! Virus Corona kini bisa disembuhkan.

Ganasnya wabah virus corona yang meresahkan banyak orang diseluruh dunia, memanglah sedang menjad...

Bikin gagal paham! Profesi unik yang hanya ada di Thail...

Thailand atau yang biasa dijuluki sebagai negeri gajah putih memang lengket akan keunikan dan kea...

Keren banget! Tempat wisata ala Eropa di Thailand

Untuk sebagian orang, jalan-jalan ke Thailand mungkin bukan lagi hal yang baru. Negeri Gajah Puti...

Sulit dipercaya! 5 fakta aneh dan unik di india.

India merupakan satu di antara negara yang menarik di dunia. Banyak orang mengenal India karena f...

Hal menarik tentang Universal Studio Singapore yang jar...

Universal Studios Singapore (USS) menjadi salah satu lokasi yang wajib banget dikunjungi saat ke ...

7 Makanan aneh dan unik di Thailand, No 5 ngeri banget!

Bicara soal kuliner yang aneh dan ekstrim, di berbagai belahan dunia juga terdapat kuliner yang t...